Humas Skanja
Humas Skanja
Online
Halo 👋
Ada yang bisa dibantu?

LKPD P5. AKTIVITAS 3

 

TAHAP           : AKSI

Aktivitas 3      : Simulasi Melamar Kerja (Tes Psikotes & Wawancara)

Tujuan Pembelajaran

Setelah menyelesaikan lembar kerja ini, peserta didik diharapkan dapat :

  1. Memahami struktur dan isi CV serta surat lamaran kerja.
  2. Menganalisis contoh CV dan surat lamaran kerja.
  3. Menyusun CV dan surat lamaran kerja pribadi sesuai bidang yang diminati.
  4. Menerima umpan balik untuk menyempurnakan dokumen yang dibuat.
  5. Mengenali jenis-jenis pertanyaan wawancara kerja.
  6. Menganalisis strategi menjawab pertanyaan wawancara.
  7. Melatih keterampilan komunikasi dalam wawancara kerja.
  8. Mengembangkan rasa percaya diri dalam menghadapi wawancara.

Hari 1 : Peserta didik mengerjakan psikotes

Petunjuk :

1. Peserta didik mengerjakan Psikotes dengan ketentuan pelaksanaan sebagai berikut :

No

Nama Tes

Mode

Keterangan

1

Tes Logika Aritmatika → Menilai kemampuan berpikir logis dengan angka.

Online - Menggunakan Aplikasi CBT

Dilaksanakan di rumah

2

Tes Wartegg → Mengukur kreativitas dan cara berpikir individu.

Offline - Menggunakan Lembar Kerja

Dilaksanakan di Sekolah

3

Tes Pauli/Kraepelin (Koran) → Menguji ketahanan, ketelitian, dan kecepatan dalam bekerja.

Offline - Menggunakan Lembar Kerja

Dilaksanakan di Sekolah

4

Tes Analogi Verbal → Mengukur pemahaman hubungan kata dan bahasa.

Online - Menggunakan Aplikasi CBT

Dilaksanakan di Sekolah

5

Tes Spasial (Gambar) → Mengukur kemampuan visual dan daya analisis.

Online - Menggunakan Aplikasi CBT

Dilaksanakan di Sekolah

6

Tes Kepribadian → Mengidentifikasi karakter dan kesesuaian dengan budaya kerja.

Online - Menggunakan Aplikasi CBT

Dilaksanakan di rumah

2. Teknis :

A. Tes Pauli/Kraepelin (Koran) → Menguji ketahanan, ketelitian, dan kecepatan dalam bekerja.

·         Peserta didik mendapatkan kertas lembar kerja dan mempersiapkan pena

·         Guru pendamping mempersiapkan timer

·         Guru pendamping memimpin jalannya tes dengan tiap soal dengan waktu 20 detik secara terus menerus hingga soal habis.

·         Peserta didik mengerjakan tiap soal selama 20 detik, jika sudah 20 detik pindah ke kolom soal berikutnya hingga selesai

B. Tes Wartegg → Mengukur kreativitas dan cara berpikir individu.

Di bawah ini ada 8 buah kotak. luangkanlah kreativitas Anda untuk membuat bentuk-bentuk tersebut menjadi gambar yang dapat diartikan! Setelah itu berilah judul sesuai dengan makna gambar yang Anda buat, cantumkan urutan ketika Anda mengerjakan. Sebutkan nomor gambar yang paling Anda sukai, yang tidak disukai, yang paling sulit, dan yang paling mudah menurut Anda!

No

Nama Tes

Mode

Keterangan

1

Tes Logika Aritmatika → Menilai kemampuan berpikir logis dengan angka.

Online - Menggunakan Aplikasi CBT

Kerjakan

2

Tes Analogi Verbal → Mengukur pemahaman hubungan kata dan bahasa.

Online - Menggunakan Aplikasi CBT

Kerjakan

3

Tes Spasial (Gambar) → Mengukur kemampuan visual dan daya analisis.

Online - Menggunakan Aplikasi CBT

Kerjakan

4

Tes Kepribadian → Mengidentifikasi karakter dan kesesuaian dengan budaya kerja.

Online - Menggunakan Aplikasi CBT

Kerjakan

 Gunakan Akun masing masing yang telah didapat oleh guru



RUBRIK PENILAIAN: TES PSIKOTES

Tujuan: Menilai kesiapan peserta didik dalam menghadapi tes psikotes untuk seleksi kerja.

🔍 KRITERIA PENILAIAN

Jenis Tes

Aspek Penilaian

Mulai Berkembang (1)

Sedang Berkembang (2)

Berkembang Sesuai Harapan (3)

Sangat Berkembang (4)

Tes Logika Aritmatika

Kemampuan memahami pola angka dan logika numerik

Kesulitan menemukan pola dan menjawab dengan benar

Memahami sebagian pola, tetapi masih banyak kesalahan

Memahami pola dengan baik dan menjawab sebagian besar dengan benar

Sangat memahami pola angka dan menjawab dengan akurat

Kecepatan dalam menyelesaikan soal

Waktu pengerjaan sangat lama dan banyak jawaban kosong

Waktu cukup lama tetapi sebagian besar soal terjawab

Menyelesaikan tepat waktu dengan jawaban cukup akurat

Menyelesaikan dengan cepat dan akurat

Tes Wartegg

Kreativitas dalam menggambar lanjutan pola

Sulit mengembangkan pola menjadi gambar yang bermakna

Mampu mengembangkan pola sederhana tetapi kurang variatif

Mengembangkan pola dengan baik dan cukup kreatif

Sangat kreatif dalam mengembangkan pola menjadi gambar bermakna

Keteraturan dalam menggambar

Gambar tidak beraturan dan tidak jelas maknanya

Gambar cukup beraturan tetapi kurang memiliki makna

Gambar terstruktur dengan jelas

Gambar sangat terstruktur dan memiliki makna jelas

Tes Pauli/Kraepelin (Koran)

Ketahanan dalam menyelesaikan perhitungan sederhana

Mudah lelah dan banyak berhenti sebelum waktu selesai

Bertahan hingga akhir tetapi dengan banyak kesalahan

Bertahan dengan sedikit kesalahan

Sangat konsisten dan bertahan dengan akurasi tinggi

Kecepatan dan ketelitian

Lambat dan banyak kesalahan dalam perhitungan

Kecepatan cukup baik tetapi masih kurang teliti

Cepat dan cukup teliti dalam perhitungan

Sangat cepat dan teliti dalam mengerjakan seluruh tes

Tes Analogi Verbal

Kemampuan memahami hubungan kata

Sulit menemukan hubungan antara kata yang diberikan

Memahami sebagian besar hubungan kata tetapi masih ada kesalahan

Memahami hubungan kata dengan baik dan menjawab sebagian besar benar

Sangat memahami hubungan kata dan menjawab dengan akurat

Kecepatan dalam menjawab soal

Lambat dalam mengerjakan dan banyak jawaban kosong

Menyelesaikan sebagian besar soal tetapi masih butuh waktu lama

Menyelesaikan dengan cukup cepat dan akurat

Menyelesaikan dengan sangat cepat dan akurat

Tes Spasial (Gambar)

Kemampuan menganalisis hubungan bentuk dan ruang

Sulit mengenali pola dan hubungan antar gambar

Mampu mengenali pola tetapi masih banyak kesalahan

Menganalisis pola dengan baik dan cukup akurat

Sangat memahami pola spasial dan menjawab dengan akurat

Kecepatan dalam menyelesaikan soal

Waktu pengerjaan sangat lama dan banyak jawaban kosong

Waktu cukup lama tetapi sebagian besar soal terjawab

Menyelesaikan tepat waktu dengan jawaban cukup akurat

Menyelesaikan dengan cepat dan akurat

Tes Kepribadian

Konsistensi jawaban sesuai karakteristik diri

Jawaban sangat bervariasi dan tidak konsisten

Jawaban cukup konsisten tetapi masih ada ketidaksesuaian

Jawaban konsisten dengan kepribadian yang stabil

Jawaban sangat konsisten dan menunjukkan karakter yang kuat

Kesesuaian dengan budaya kerja yang diharapkan

Jawaban kurang mencerminkan kesiapan dalam dunia kerja

Sebagian jawaban sesuai dengan budaya kerja tetapi masih ada ketidaksesuaian

Jawaban mencerminkan kesiapan yang baik dalam budaya kerja

Jawaban sangat sesuai dengan karakteristik budaya kerja yang diharapkan


📊 SKOR PENILAIAN

  • Total Skor Maksimal: 40
  • Nilai Akhir = (Total Skor ÷ 40) × 100

Rentang Nilai

Kategori

80 – 100

: Sangat Berkembang

60 – 79

: Berkembang Sesuai Harapan

40 – 59

: Sedang Berkembang

20 – 39

: Mulai Berkembang


 

RUBRIK PENILAIAN: SIMULASI WAWANCARA KERJA

Tujuan: Menilai kesiapan peserta didik dalam menghadapi wawancara kerja dengan aspek komunikasi, pemahaman materi, dan kepercayaan diri.

🔍 KRITERIA PENILAIAN

Aspek Penilaian

Mulai Berkembang (1)

Sedang Berkembang (2)

Berkembang Sesuai Harapan (3)

Sangat Berkembang (4)

Pemahaman tentang Perusahaan dan Posisi yang Dilamar

Tidak mengetahui informasi dasar tentang perusahaan dan posisi yang dilamar.

Mengetahui sebagian informasi tetapi kurang mendalam.

Memahami perusahaan dan posisi dengan cukup baik.

Sangat memahami perusahaan dan posisi serta mampu menjelaskan dengan jelas.

Kepercayaan Diri dalam Berbicara

Gugup berlebihan, sering diam, dan sulit menyampaikan jawaban dengan jelas.

Mulai menunjukkan kepercayaan diri, tetapi masih ragu-ragu dalam berbicara.

Berbicara dengan percaya diri, meskipun ada sedikit kesalahan dalam penyampaian.

Sangat percaya diri, tenang, dan berbicara dengan jelas serta meyakinkan.

Kejelasan dan Struktur Jawaban

Jawaban kurang jelas, tidak terstruktur, dan tidak sesuai dengan pertanyaan.

Jawaban cukup jelas tetapi masih kurang terstruktur.

Jawaban cukup terstruktur dan sesuai dengan konteks pertanyaan.

Jawaban sangat jelas, terstruktur dengan baik, dan sesuai dengan konteks wawancara.

Kemampuan Beradaptasi dengan Pertanyaan

Sulit menyesuaikan jawaban dengan pertanyaan yang diberikan.

Bisa menyesuaikan jawaban, tetapi terkadang masih terlihat bingung.

Mampu menyesuaikan jawaban dengan baik terhadap berbagai jenis pertanyaan.

Sangat fleksibel dan mampu menjawab berbagai pertanyaan dengan kreatif serta relevan.

Ekspresi dan Bahasa Tubuh

Kurang menunjukkan ekspresi yang mendukung dan bahasa tubuh yang positif.

Mulai menunjukkan ekspresi dan bahasa tubuh yang lebih baik, tetapi masih kurang alami.

Ekspresi wajah dan bahasa tubuh mendukung komunikasi yang efektif.

Menggunakan ekspresi dan bahasa tubuh yang profesional serta meyakinkan.

Sikap Profesional

Kurang sopan, kurang responsif, dan terlihat tidak siap dalam wawancara.

Sudah menunjukkan sikap profesional, tetapi masih ada hal yang perlu diperbaiki.

Sikap profesional sudah cukup baik dan sesuai dengan dunia kerja.

Sangat profesional dalam bersikap, bertindak, dan berbicara selama wawancara.

📊 SKOR PENILAIAN

  • Total Skor Maksimal: 24
  • Nilai Akhir = (Total Skor ÷ 24) × 100

Rentang Nilai

Kategori

80 – 100

Sangat Berkembang

60 – 79

Berkembang Sesuai Harapan

40 – 59

Sedang Berkembang

20 – 39

Mulai Berkembang


Berbagi

Posting Komentar