TAHAP : AKSI
Aktivitas 3 :
Simulasi Melamar Kerja (Tes Psikotes & Wawancara)
Tujuan Pembelajaran
Setelah menyelesaikan lembar kerja ini, peserta didik diharapkan dapat :
- Memahami struktur dan isi CV serta surat lamaran kerja.
- Menganalisis contoh CV dan surat lamaran kerja.
- Menyusun CV dan surat lamaran kerja pribadi sesuai bidang yang diminati.
- Menerima umpan balik untuk menyempurnakan dokumen yang dibuat.
- Mengenali jenis-jenis pertanyaan wawancara kerja.
- Menganalisis strategi menjawab pertanyaan wawancara.
- Melatih keterampilan komunikasi dalam wawancara kerja.
- Mengembangkan rasa percaya diri dalam menghadapi wawancara.
Hari 1 : Peserta didik mengerjakan psikotes
Petunjuk :
1. Peserta didik mengerjakan Psikotes dengan ketentuan pelaksanaan
sebagai berikut :
No |
Nama Tes |
Mode |
Keterangan |
1 |
Tes Logika Aritmatika → Menilai kemampuan
berpikir logis dengan angka. |
Online - Menggunakan
Aplikasi CBT |
Dilaksanakan di rumah |
2 |
Tes Wartegg → Mengukur
kreativitas dan cara berpikir individu. |
Offline - Menggunakan Lembar Kerja |
Dilaksanakan di Sekolah |
3 |
Tes Pauli/Kraepelin
(Koran)
→ Menguji ketahanan, ketelitian, dan kecepatan dalam bekerja. |
Offline - Menggunakan Lembar Kerja |
Dilaksanakan di Sekolah |
4 |
Tes Analogi Verbal → Mengukur pemahaman
hubungan kata dan bahasa. |
Online - Menggunakan Aplikasi CBT |
Dilaksanakan di Sekolah |
5 |
Tes Spasial (Gambar) → Mengukur kemampuan
visual dan daya analisis. |
Online - Menggunakan Aplikasi CBT |
Dilaksanakan di Sekolah |
6 |
Tes Kepribadian → Mengidentifikasi
karakter dan kesesuaian dengan budaya kerja. |
Online - Menggunakan
Aplikasi CBT |
Dilaksanakan di rumah |
2. Teknis :
A. Tes Pauli/Kraepelin (Koran) → Menguji ketahanan,
ketelitian, dan kecepatan dalam bekerja.
·
Peserta didik mendapatkan kertas lembar kerja
dan mempersiapkan pena
·
Guru pendamping mempersiapkan timer
·
Guru pendamping memimpin jalannya tes dengan
tiap soal dengan waktu 20 detik secara terus menerus hingga soal habis.
·
Peserta didik mengerjakan tiap soal selama 20
detik, jika sudah 20 detik pindah ke kolom soal berikutnya hingga selesai
B. Tes Wartegg → Mengukur kreativitas dan cara
berpikir individu.
Di bawah ini ada 8 buah kotak. luangkanlah kreativitas Anda
untuk membuat bentuk-bentuk tersebut menjadi gambar yang dapat diartikan!
Setelah itu berilah judul sesuai dengan makna gambar yang Anda buat, cantumkan
urutan ketika Anda mengerjakan. Sebutkan nomor gambar yang paling Anda sukai,
yang tidak disukai, yang paling sulit, dan yang paling mudah menurut Anda!
No |
Nama
Tes |
Mode |
Keterangan |
1 |
Tes Logika Aritmatika → Menilai kemampuan
berpikir logis dengan angka. |
Online - Menggunakan
Aplikasi CBT |
|
2 |
Tes Analogi Verbal → Mengukur pemahaman
hubungan kata dan bahasa. |
Online - Menggunakan Aplikasi CBT |
|
3 |
Tes Spasial (Gambar) → Mengukur kemampuan
visual dan daya analisis. |
Online - Menggunakan Aplikasi CBT |
|
4 |
Tes Kepribadian → Mengidentifikasi
karakter dan kesesuaian dengan budaya kerja. |
Online - Menggunakan
Aplikasi CBT |
Gunakan Akun masing masing yang telah didapat oleh guru
RUBRIK
PENILAIAN: TES PSIKOTES
Tujuan: Menilai kesiapan peserta
didik dalam menghadapi tes psikotes untuk seleksi kerja.
🔍
KRITERIA PENILAIAN
Jenis Tes |
Aspek Penilaian |
Mulai Berkembang (1) |
Sedang Berkembang (2) |
Berkembang Sesuai Harapan (3) |
Sangat Berkembang (4) |
Tes Logika
Aritmatika |
Kemampuan
memahami pola angka dan logika numerik |
Kesulitan
menemukan pola dan menjawab dengan benar |
Memahami
sebagian pola, tetapi masih banyak kesalahan |
Memahami pola
dengan baik dan menjawab sebagian besar dengan benar |
Sangat
memahami pola angka dan menjawab dengan akurat |
Kecepatan
dalam menyelesaikan soal |
Waktu
pengerjaan sangat lama dan banyak jawaban kosong |
Waktu cukup lama
tetapi sebagian besar soal terjawab |
Menyelesaikan
tepat waktu dengan jawaban cukup akurat |
Menyelesaikan
dengan cepat dan akurat |
|
Tes
Wartegg |
Kreativitas
dalam menggambar lanjutan pola |
Sulit
mengembangkan pola menjadi gambar yang bermakna |
Mampu
mengembangkan pola sederhana tetapi kurang variatif |
Mengembangkan
pola dengan baik dan cukup kreatif |
Sangat
kreatif dalam mengembangkan pola menjadi gambar bermakna |
Keteraturan
dalam menggambar |
Gambar tidak
beraturan dan tidak jelas maknanya |
Gambar cukup beraturan
tetapi kurang memiliki makna |
Gambar
terstruktur dengan jelas |
Gambar sangat
terstruktur dan memiliki makna jelas |
|
Tes
Pauli/Kraepelin (Koran) |
Ketahanan
dalam menyelesaikan perhitungan sederhana |
Mudah lelah
dan banyak berhenti sebelum waktu selesai |
Bertahan
hingga akhir tetapi dengan banyak kesalahan |
Bertahan
dengan sedikit kesalahan |
Sangat
konsisten dan bertahan dengan akurasi tinggi |
Kecepatan dan
ketelitian |
Lambat dan
banyak kesalahan dalam perhitungan |
Kecepatan
cukup baik tetapi masih kurang teliti |
Cepat dan
cukup teliti dalam perhitungan |
Sangat cepat
dan teliti dalam mengerjakan seluruh tes |
|
Tes
Analogi Verbal |
Kemampuan
memahami hubungan kata |
Sulit
menemukan hubungan antara kata yang diberikan |
Memahami
sebagian besar hubungan kata tetapi masih ada kesalahan |
Memahami
hubungan kata dengan baik dan menjawab sebagian besar benar |
Sangat
memahami hubungan kata dan menjawab dengan akurat |
Kecepatan
dalam menjawab soal |
Lambat dalam
mengerjakan dan banyak jawaban kosong |
Menyelesaikan
sebagian besar soal tetapi masih butuh waktu lama |
Menyelesaikan
dengan cukup cepat dan akurat |
Menyelesaikan
dengan sangat cepat dan akurat |
|
Tes
Spasial (Gambar) |
Kemampuan
menganalisis hubungan bentuk dan ruang |
Sulit
mengenali pola dan hubungan antar gambar |
Mampu
mengenali pola tetapi masih banyak kesalahan |
Menganalisis
pola dengan baik dan cukup akurat |
Sangat
memahami pola spasial dan menjawab dengan akurat |
Kecepatan
dalam menyelesaikan soal |
Waktu
pengerjaan sangat lama dan banyak jawaban kosong |
Waktu cukup
lama tetapi sebagian besar soal terjawab |
Menyelesaikan
tepat waktu dengan jawaban cukup akurat |
Menyelesaikan
dengan cepat dan akurat |
|
Tes
Kepribadian |
Konsistensi
jawaban sesuai karakteristik diri |
Jawaban
sangat bervariasi dan tidak konsisten |
Jawaban cukup
konsisten tetapi masih ada ketidaksesuaian |
Jawaban
konsisten dengan kepribadian yang stabil |
Jawaban
sangat konsisten dan menunjukkan karakter yang kuat |
Kesesuaian
dengan budaya kerja yang diharapkan |
Jawaban
kurang mencerminkan kesiapan dalam dunia kerja |
Sebagian
jawaban sesuai dengan budaya kerja tetapi masih ada ketidaksesuaian |
Jawaban
mencerminkan kesiapan yang baik dalam budaya kerja |
Jawaban
sangat sesuai dengan karakteristik budaya kerja yang diharapkan |
📊 SKOR
PENILAIAN
- Total
Skor Maksimal: 40
- Nilai
Akhir = (Total Skor ÷ 40) × 100
Rentang Nilai |
Kategori |
80 – 100 |
: Sangat Berkembang |
60 – 79 |
: Berkembang Sesuai Harapan |
40 – 59 |
: Sedang Berkembang |
20 – 39 |
: Mulai Berkembang |
RUBRIK
PENILAIAN: SIMULASI WAWANCARA KERJA
Tujuan: Menilai kesiapan peserta
didik dalam menghadapi wawancara kerja dengan aspek komunikasi, pemahaman
materi, dan kepercayaan diri.
🔍
KRITERIA PENILAIAN
Aspek Penilaian |
Mulai Berkembang (1) |
Sedang Berkembang (2) |
Berkembang Sesuai Harapan (3) |
Sangat Berkembang (4) |
Pemahaman
tentang Perusahaan dan Posisi yang Dilamar |
Tidak
mengetahui informasi dasar tentang perusahaan dan posisi yang dilamar. |
Mengetahui
sebagian informasi tetapi kurang mendalam. |
Memahami
perusahaan dan posisi dengan cukup baik. |
Sangat
memahami perusahaan dan posisi serta mampu menjelaskan dengan jelas. |
Kepercayaan
Diri dalam Berbicara |
Gugup
berlebihan, sering diam, dan sulit menyampaikan jawaban dengan jelas. |
Mulai
menunjukkan kepercayaan diri, tetapi masih ragu-ragu dalam berbicara. |
Berbicara
dengan percaya diri, meskipun ada sedikit kesalahan dalam penyampaian. |
Sangat
percaya diri, tenang, dan berbicara dengan jelas serta meyakinkan. |
Kejelasan
dan Struktur Jawaban |
Jawaban
kurang jelas, tidak terstruktur, dan tidak sesuai dengan pertanyaan. |
Jawaban cukup
jelas tetapi masih kurang terstruktur. |
Jawaban cukup
terstruktur dan sesuai dengan konteks pertanyaan. |
Jawaban
sangat jelas, terstruktur dengan baik, dan sesuai dengan konteks wawancara. |
Kemampuan
Beradaptasi dengan Pertanyaan |
Sulit
menyesuaikan jawaban dengan pertanyaan yang diberikan. |
Bisa
menyesuaikan jawaban, tetapi terkadang masih terlihat bingung. |
Mampu
menyesuaikan jawaban dengan baik terhadap berbagai jenis pertanyaan. |
Sangat
fleksibel dan mampu menjawab berbagai pertanyaan dengan kreatif serta
relevan. |
Ekspresi
dan Bahasa Tubuh |
Kurang
menunjukkan ekspresi yang mendukung dan bahasa tubuh yang positif. |
Mulai
menunjukkan ekspresi dan bahasa tubuh yang lebih baik, tetapi masih kurang
alami. |
Ekspresi
wajah dan bahasa tubuh mendukung komunikasi yang efektif. |
Menggunakan
ekspresi dan bahasa tubuh yang profesional serta meyakinkan. |
Sikap
Profesional |
Kurang sopan,
kurang responsif, dan terlihat tidak siap dalam wawancara. |
Sudah
menunjukkan sikap profesional, tetapi masih ada hal yang perlu diperbaiki. |
Sikap
profesional sudah cukup baik dan sesuai dengan dunia kerja. |
Sangat
profesional dalam bersikap, bertindak, dan berbicara selama wawancara. |
📊 SKOR
PENILAIAN
- Total Skor Maksimal: 24
- Nilai Akhir
= (Total Skor ÷ 24) × 100
Rentang Nilai |
Kategori |
80 – 100 |
Sangat Berkembang |
60 – 79 |
Berkembang Sesuai Harapan |
40 – 59 |
Sedang Berkembang |
20 – 39 |
Mulai Berkembang |