Tujuan Pembelajaran
Setelah menyelesaikan lembar kerja ini, peserta didik diharapkan dapat:
- Merefleksikan pengalaman dan pembelajaran dari proyek.
- Mengidentifikasi kekuatan dan area yang perlu diperbaiki.
- Menyusun Rencana Pengembangan Diri untuk meningkatkan kesiapan kerja.
Rubrik
Penilaian – Evaluasi dan Rencana Pengembangan Diri
Aspek
Penilaian |
Belum
Berkembang (1) |
Sedang
Berkembang (2) |
Berkembang
Sesuai Harapan (3) |
Sangat
Berkembang (4) |
Evaluasi Diri |
Tidak mampu mengidentifikasi kelebihan, kekurangan, dan
tantangan diri. |
Menyebutkan beberapa kelebihan dan kekurangan tetapi
kurang mendalam. |
Dapat mengevaluasi diri dengan baik dan realistis. |
Refleksi diri sangat mendalam dan menunjukkan pemahaman
kuat terhadap potensi dan tantangan diri. |
Rencana Pengembangan Diri (PDP) |
Tidak ada rencana atau tujuan yang jelas. |
Memiliki rencana tetapi kurang rinci dan tidak realistis. |
Rencana cukup jelas dan memiliki langkah-langkah yang
dapat diterapkan. |
Rencana sangat jelas, realistis, dan memiliki strategi
yang matang. |
Langkah Konkret Setelah Lulus |
Tidak memiliki gambaran atau langkah yang akan diambil
setelah lulus. |
Memiliki rencana tetapi masih bersifat umum dan belum
spesifik. |
Memiliki langkah konkret yang jelas dan sesuai dengan
tujuan. |
Langkah yang direncanakan sangat terstruktur dan
menunjukkan kesiapan yang tinggi. |
Refleksi dan Motivasi |
Tidak mampu merefleksikan pengalaman dan manfaat dari
proyek. |
Refleksi masih dangkal dan kurang menggambarkan
pembelajaran. |
Dapat merefleksikan pengalaman dengan baik dan menemukan
manfaatnya. |
Refleksi sangat mendalam, menunjukkan pemahaman yang
baik, dan memiliki motivasi tinggi untuk berkembang. |
Total Skor Maksimal: 16
Nilai Akhir = (Total Skor ÷ 16) × 100
Keterangan:
80 – 100 = Sangat Berkembang
60 – 79 = Berkembang Sesuai Harapan
40 – 59 = Sedang Berkembang
20 – 39 = Belum Berkembang