- Memahami konsep bakat dan minat serta faktor-faktor yang memengaruhinya.
- Mengidentifikasi bakat dan minat pribadi.
- Menganalisis kekuatan dan tantangan diri dalam dunia kerja.
- Membuat peta karir berdasarkan hasil refleksi diri.
Rubrik Penilaian: Tahap Pengenalan
Aktivitas
1: Mengenali Minat, Bakat, dan Tantangan dalam Dunia Kerja
Dimensi
yang Dikuatkan: Mandiri → Mengenali
kualitas dan minat diri serta tantangan yang dihadapi
Aspek Penilaian |
Mulai Berkembang (1) |
Sedang Berkembang (2) |
Berkembang Sesuai Harapan (3) |
Sangat Berkembang (4) |
Pemahaman Diri (Minat & Bakat) |
Siswa
belum dapat mengidentifikasi minat dan bakatnya sendiri. |
Siswa
mulai mengenali beberapa minat dan bakatnya, tetapi masih membutuhkan
bimbingan. |
Siswa
mampu mengidentifikasi minat dan bakatnya dengan cukup baik serta dapat
menjelaskan alasannya. |
Siswa
dapat mengidentifikasi minat dan bakatnya secara jelas dan mendalam serta
mampu menghubungkannya dengan peluang karir. |
Analisis SWOT Pribadi |
SWOT
belum lengkap dan tidak mencerminkan kondisi pribadi siswa. |
SWOT
sudah mencakup beberapa aspek, tetapi belum mendalam dan masih kurang
realistis. |
SWOT
cukup lengkap dengan pemahaman yang baik terhadap kelebihan, kelemahan,
peluang, dan tantangan diri. |
SWOT
sangat komprehensif, realistis, dan memberikan wawasan yang mendalam tentang
langkah pengembangan diri. |
Partisipasi dalam Diskusi Kelompok |
Tidak
aktif dalam diskusi dan belum mampu berbagi pandangan. |
Mulai
berpartisipasi tetapi masih kurang percaya diri dalam menyampaikan pendapat. |
Aktif
dalam diskusi, berbagi pandangan, dan merespons pendapat teman dengan baik. |
Sangat
aktif dalam diskusi, memberikan wawasan baru, dan membantu teman dalam
memahami konsep. |
Peta Karir (Career Roadmap) |
Tidak
menyusun peta karir atau isinya masih sangat umum dan kurang spesifik. |
Sudah
menyusun peta karir, tetapi masih belum jelas terkait langkah-langkah yang
harus diambil. |
Peta
karir cukup jelas, menggambarkan langkah-langkah ke depan dengan realistis. |
Peta
karir sangat terstruktur, memiliki langkah-langkah konkret, dan menunjukkan
perencanaan yang matang. |
Kemandirian dalam Menyelesaikan Tugas |
Sangat
bergantung pada arahan guru dan teman, belum menunjukkan inisiatif. |
Mulai
mencoba bekerja mandiri, tetapi masih sering membutuhkan arahan. |
Cukup
mandiri dalam menyelesaikan tugas dan berinisiatif dalam mencari informasi
tambahan. |
Sangat
mandiri, proaktif dalam mencari informasi, dan menunjukkan tanggung jawab
dalam tugasnya. |
Total
Skor Maksimal: 20
- Nilai
Akhir = (Total Skor ÷ 20) × 100
Keterangan:
- 80 –
100 = Sangat Berkembang
- 60 –
79 = Berkembang Sesuai Harapan
- 40 –
59 = Sedang Berkembang
- 20 –
39 = Mulai Berkembang